Join The Community

Premium WordPress Themes

Selasa, 15 Agustus 2017

Cara Membuat Bokeh yang Keren

Dalam photografi bokeh bermakna semuanya ruang tidak konsentrasi dalam gambar yang terlihat blur. Blur juga akan menolong menonjolkan subyek dari latar belakang hingga mata viewer segera tertuju padanya. Tetapi bokeh dapat pula dipakai murni untuk kepentingan estetika/keindahan serta nilai seni. Terdapat banyak elemen yang butuh dilibatkan untuk hasilkan dampak bokeh yang istimewa. Serta yang paling penting yaitu pemakaian bukaan aperture lebar seperti f/1. 8 atau f/1. 4 bahkan juga f/1. 2. Makin lebar bukaan lensa umumnya juga akan makin mahal juga harga lensa itu. Lensa canon 50mm f/1. 8 (kisaran harga 1, 2 juta) umpamanya telah dapat hasilkan ruang bokeh yang bagus, tetapi pastinya tidak sebagus f/1. 4 terlebih f/1. 2 dengan bokeh begitu lembut.


Cara Membuat Bokeh yang Keren



perbandingan bokeh pada lensa 

Untuk memperluas ruang bokeh kita dapat juga memakai lensa telefoto, karna makin panjang focal length jadi juga akan makin sempit ruang konsentrasi. Bahkan juga lensa zoom dengan focal length 70mm telah dapat hasilkan bokeh. Serta hal paling akhir untuk hasilkan bokeh yaitu menghindari subyek dari latar belakang. Makin jauh jarak subyek ke latar belakang jadi makin terlihat blur ruang latar belakang. Jadi untuk hasilkan bokeh jadi butuh memakai gabungan ke-3 elemen di atas. Jadi contoh memakai lensa dengan bukaan aperture f/1. 8 memakai lensa 50mm dengan meletakkan subyek sejauh mungkin saja dengan latar belakang juga akan hasilkan bokeh yang luas/ruang konsentrasi yang sempit.

Latar belakang 

Elemen perlu yang lain yaitu latar belakang untuk hasilkan bokeh. latar belakang ruang daratan akan tidak punya pengaruh banyak hasilkan bokeh, tetapi cari di mana ada kontras/ketidaksamaan yang pasti pada ruang gelap serta jelas. Kontras dapat berbentuk sinar ataupun warna. Contoh bokeh dapat dibuat pada malam hari dengan latar belakang langit yang gelap serta lampu kota atau lampu jalan yang hasilkan kontras hingga juga akan terlihat lembut kebulat-bulatan. Atau situasi siang hari di bawah pohon-pohon teduh di mana sinar menembus di antara sela-sela dedaunan.

Bentuk bokeh 

Bentuk bokeh pasti bertindak besar dalam hasilkan gambar yang baik. Kenyataannya yaitu bentuk bokeh tergantung dari bentuk diafragma lensa. Tiap-tiap lensa pasti mempunyai konstruksi diafragma yang berlainan, serta makin banyak jumlah blade juga akan hasilkan bokeh yang makin lembut.

Buat bokeh sendiri 

Begitu gampang untuk merubah bentuk bokeh dari bentuk konvensional yang bulat jadi apa pun yang kita kehendaki. Hal semacam ini dapat dikerjakan lewat cara meletakkan dimuka lensa selembar kertas dengan lubang sesuai sama bentuk yang kita kehendaki. Nah, kita juga akan memerlukan sebagian perlengkapan seperti selembar kertas hitam, gunting, cutter, lensa dengan bukaan aperture lebar, UV filter (opsional). Pertama tama pakai UV filter untuk menggambar bentuk lingkaran pada kertas, lalu potong sedikit lebih kecil ikuti garis itu. Hal semacam ini untuk meyakinkan supaya kertas bisa terpasang di antara lensa serta UV filter dalam contoh kita juga akan membuat bintang.

Sesudah memperoleh kertas berupa bulat, jadi buat lubang dengan bentuk sesuai sama apa yang diinginkan, dapat bintang, bulat, kotak dan lain-lain. Sesudah kertas terjadi langkah setelah itu yaitu menyimpan kertas dimuka lensa lalu menutupnya memakai UV filter. Tetapi tidak mesti UV filter karna filter beda dapat juga dipakai untuk tutup kertas. Atau kita dapat juga membuat kertas dengan ukuran lebih lebar dari lensa serta menyelimuti sisi depan lensa seperti gambar di bawah.

Atau kita dapat buat kertas dengan lubang–lubang kreatis seperti gambar berikut ini :

Dengan langkah tersebut jadi bentuk bokeh custom juga akan dapat dibuat, serta dengan menggabungkan cara-cara hasilkan bokeh di atas jadi gambar menarik juga akan diperoleh.


0 komentar:

Jual Jersey Grade Ori