Join The Community

Premium WordPress Themes

Selasa, 15 Agustus 2017

Ini Dia Penyebab Hasil Gambar BerNoise

Kekita kita mempunyai camera digital baik camera pocket ataupun camera Digital SLR professional meskipun juga akan senantiasa punyai urusan dengan noise. Noise adalah dot/titik pada gambar yang juga akan terlihat lebih terang apabila gambar diperbesar, terlebih decetak dalam ukuran yang besar.

Penyebabnya noise 


Ini Dia Penyebab Hasil Gambar BerNoise


Noise datang dari sensor camera/sensitivitas sensor camera. Tiap-tiap camera mempunyai sensor yang menyatukan partikel sinar memakai “kaleng” yang begitu kecil bernama photosites yang nanti juga akan jadi piksel dalam satu gambar. Jadi contoh apabila camera digital kita mempunyai sensor 10 Mega Piksel bermakna di sana ada 10. 000. 000 (sepuluh juta) yang ada pada sensor camera. Ukuran photosites mempunyai peranan besar pada noise yang dibuat dalam satu gambar. Pada umumnya makin kecil ukuran photosites jadi makin banyak noise yang dibuat. Bila kita banding gambar yang dibuat oleh kemara digital SLR 10 MP semakin lebih bagus dibanding dengan camera saku dengan sensor 10 MP. Hal semacam ini disebabkan oleh lebih besarnya ukuran sensor camera DSLR (full frame di mana ukurannya 15x semakin besar dari sensor yang ada pada camera saku) hingga dapat mengakomodasi photosites yang memiliki ukuran semakin besar. Bila kita memakai camera hp jadi juga akan merasakan noise lebih kentara bahkan juga disiang hari dengan sinar yang cukup. Hal semacam ini disebabkan oleh kecilnya ukuran sensor yang dipunyainya.


Sumber noise yang ke-2 yaitu sensitivitas sensor atau di kenal dengan ISO dalam arti photografi. Makin tinggi nilai ISO jadi juga akan makin tinggi juga noise yang dibuat. Jadi contoh kita tingkatkan ISO dari 100 jadi 200 jadi juga akan tingkatkan sensitivitas sensor 2x lipat hingga noise semakin banyak juga akan dibuat. Lantas apa yang terjadi apabila camera kita mempunyai sensor memiliki ukuran kecil dengan nilai ISO yang tinggi? Tidak cuma noise tinggi tetapi juga warna yang begitu jelek, termasuk bentuk-bentuk yang terdistorsi.

Langkah turunkan noise 

Bila kita merasakan gambar yang mempunyai noise jadi ada dua peluang yaitu camera kita mempunyai sensor memiliki ukuran kecil serta atau level ISO yang tinggi. Hal pertama ukuran sensor yang kecil pasti tidak dapat dirubah, oleh karena itu camera yang kita punyai. Bila inginkan sensor besar jawabannya yaitu camera full frame yang pasti bernilai tambah lebih mahal. Segi ke-2 yaitu nilai ISO yang tinggi yang dapat kita utak atik. Untuk memperoleh gambar minim noise pasti kita butuh memakai ISO rendah seperti 100 atau 200 tetapi dengan konsekwensi mengubah setting yang beda seperti perlambat shutter speed dan bukaan aperture yang lebih lebar.

Banyak camera yang sudah diperlengkapi dengan feature auto ISO pada kemera seperti Nikon D90. Dengan feature ini camera juga akan memastikan angka ISO apakah menambah atau turunkan dengan automatis bergantung dari pencahayaan. Tetapi untuk hasil yang tambah baik kita dapat membatasi setting itu, jadi settinglah ISO untuk maksimal sensitivity jadi 800 (untuk camera bersensor kecil) serta sekitaran 1600 untuk camera full frame.

Turunkan noise memakai software editing
Bila kita terlanjur hasilkan gambar yang mempunyai noise tinggi jadi editing yaitu pemecahannya. Adobe photoshop ataupun lightroom dapat lakukan pekerjaan ini, serta tersebut disini penuturannya :

Memakai lightroom 

Buka adobe photoshop lightroom lalu tentukan file serta tentukan tab develop. Disinilah kita juga akan mengubah parameter untuk melakukan perbaikan noise supaya gambar lebih nikmat dilihat. Dalam gambar setelah saya cuma menggeser slider luminance serta noise telah tersamarkan tanpa ada butuh ribet repot lakukan banyak adjusment/perbaikan.


Pakai file RAW karna juga akan dapat menangkap tonal warna lebih luas baik detil ataupun segalanya RAW tambah lebih unggul dibanding JPEG. Walau mempunyai kemampuan besar, Kita pasti tidaklah perlu ribet pikirkan kemampuan SD card karna sekarang ini harga SD card sangatlah terjangkau, cuma sekitaran 80 ribu untuk kemampuan 16 GB. Dalam soal pengurangan noise file RAW sangat unggul.

Saya sendiri kurang merekomendasikan pemakaian filter noise reduction pada adobe photoshop, karna masih tetap kalah dibanding dengan feature reduction noise pada lightroom yang baru kita ulas.


0 komentar:

Jual Jersey Grade Ori