Join The Community

Premium WordPress Themes

Jumat, 18 Agustus 2017

Pengertian Singkat Tag dalam HTML

Pengertian Tag dalam HTML 


Pengertian Singkat Tag dalam HTML


Jadi satu bhs markup, HTML memerlukan langkah untuk memberitahukan situs browser untuk apa peranan satu text. Apakah text itu ditulis jadi satu paragraf, daftar, atau jadi link? Dalam HTML, tanda ini di kenal dengan arti tag.

Nyaris semuanya tag didalam HTML ditulis dengan berpasangan, yaitu tag pembuka serta tag penutup, di mana objek yang dikenai perintah tag ada diantara tag pembuka serta tag penutup ini. Objek di sini bisa berbentuk text, gambar, ataupun video. Penulisan tag ada diantara dua kurung siku : “” serta “”.

Tersebut disini format basic penulisan tag HTML :



tag_pembukaobjek yang dikenai perintah tag/tag_penutup
Jadi contoh, cermati kode HTML tersebut :

p Ini yaitu satu paragraf/p
p yaitu tag pembuka, dalam contoh ini p yaitu tag untuk paragraf.
/p yaitu tag penutup paragraf. Ketidaksamaannya dengan tag pembuka terdapat dari tanda forward slash (/)
Bila lupa memberi penutup tag, biasanya browser juga akan “memaafkan” kekeliruan ini serta tetaplah menghadirkan akhirnya seakan-akan kita menuliskan tag penutup. Meskipun ini kelihatannya mempermudah, seringkali jadi buat bingung.



Jadi contoha beda, bila menginginkan buat satu text dalam satu paragraf yang di catat tidak tipis atau miring, didalam HTML bisa ditulis seperti berikut :


  • pIni yaitu satu paragraf. iHanya himpunan sebagian kalimat/i. 
  • Paragraf ini terbagi dalam b3 kalimat/b/p. 

Hasil dari kode HTML di atas, ditranslate oleh browser jadi :

“Ini yaitu satu paragraf. Tidak beda dari himpunan sebagian kalimat. Paragraf ini terbagi dalam 3 kalimat. ”

Tag i pada kode HTML di atas memberi perintah pada browser untuk menghadirkan text dengan garis miring (i, singkatan dari italic), serta tag b untuk menebalkan tulisan (b, singkatan dari bold).


Ada pengecualian sebagian tag yg tidak berpasangan, seperti
untuk break (geser baris) atau hr untuk horizontal line (garis horizontal). Tag ini juga dikenal dengan sebutan self closing tag atau void tag, untuk penulisannya dapat ditulis dengan
, ataupun br /.

HTML tidak case-sensitif, dalam pengertian penulisan p dipandang sama juga dengan P. Pada awal kemunculan HTML, programmer situs biasanya memakai huruf besar untuk semua tag supaya membedakan dengan text yang berbentuk isi dari situs. Tetapi varian HTML, xHTML mewajibkan huruf kecil untuk semuanya tag.
Dalam HTML5, ketentuan ini kembali tidak diwajibkan. Walau demikian rutinitas situs programmer sekarang ini yaitu memakai huruf kecil untuk semua tag.

Pengertian Element dalam HTML
Element yaitu isi dari tag yang ada di antara tag pembuka serta tag penutup, termasuk juga tag tersebut serta atribut yang dimikinya (bila ada). Jadi contoh cermati kode HTML tersebut :

p Ini yaitu satu paragraf/p
Pada contoh di atas, “pIni yaitu satu paragraf/p” adalah element p.

Element bukan sekedar diisi text, tetapi dapat juga tag beda.

Contoh
p Ini yaitu satu emparagraf/em/p
Dari contoh di atas, p Ini yaitu satu emparagraf/em/p adalah elemen p. Dalam kajian atau tutorial mengenai HTML, seringkali arti “tag” serta “element” sama-sama dipertukarkan.

Pengertian Atribut dalam HTML
Atribut yaitu info penambahan yang didapatkan pada tag. Info ini dapat berbentuk instruksi untuk warna dari text, besar huruf dari text, dan lain-lain. Tiap-tiap atribut mempunyai pasangan nama serta nilai (value), serta ditulis dengan name=”value”. Value diapit tanda kutip, bisa memakai tanda kutip satu (‘) atau dua (“).

Contoh kode HTML :


  • a href= " http :// www. duniailkom. com " ini yaitu satu link/a 
  • Pada kode HTML di atas, href=”http :// www. duniailkom. com” yaitu atribut. href adalah nama dari atribut, serta http :// www. duniailkom. com yaitu value atau nilai dari atribut itu. 


Tidak semuanya tag memerlukan atribut, namun anda juga akan seringkali lihat satu tag dengan atribut, terlebih atribut id serta class yang seringkali dipakai untuk manipulasi halaman situs memakai CSS ataupun JavaScript.

HTML mempunyai banyak atribut yang sebagian salah satunya cuma pas untuk tag spesifik saja. Jadi contoh, atribut “href” di atas cuma dipakai untuk tag a saja (serta sebagian tag beda). Keterangan mengenai maksud serta pengertian dari atribut seperti href ini juga akan kita ulas pada tutorial-tutorial setelah itu.

Pada tutorial kesempatan ini, kita sudah pelajari satu diantara segi terutama didalam HTML, yaitu Pengertian Tag, Elemen, serta Atribut pada HTML. Dalam tutorial HTML basic setelah itu, kita juga akan pelajari mengenai Susunan Basic Halaman HTML.


0 komentar:

Jual Jersey Grade Ori