Join The Community

Premium WordPress Themes

Jumat, 18 Agustus 2017

Tutorial Membuat link di HTML (tag a)

Langkah Buat link di HTML 



Tutorial Membuat link di HTML (tag a)


Maksud kata Hypertext dari HTML yaitu buat satu text yang saat di-klik juga akan geser ke halaman yang lain. HTML memakai tag auntuk kepentingan ini.

Link ditulis dengan a yang disebut singkatan mencari anchor (jangkar). Tiap-tiap tag a paling tidak mempunyai satu atribut href. Di mana href diisi alamat yang dituju (href yaitu singkatan dari hypertext reference).

Supaya lebih terang, kita juga akan saksikan memakai contoh. Silakan buka text editor serta buat kode seperti berikut ini.

Contoh pemakaian tag link a :

! DOCTYPE html
html
head
titlePenggunaan Tag Link/title
/head
body
h1Belajar Tag Link/h1
pSaya tengah belajar HTML dari
a href= " http :// www. duniailkom. com " Duniailkom/a/p
/body
/html

Langkah Buat link di HTML

Alamat Absolute serta Alamat Relatif
Pada contoh di atas kita menuliskan alamat link dengan komplit dengan sisi “http :// www. ”. Penulisan begini dimaksud dengan juga external link, yang bermakna kita buat link ke alamat beda di internet, atau lebih di kenal dengan : alamat absolut.

Alamat absolut yaitu penulisan alamat file dengan memasukkan nama situs, seperti : href=”http :// www. duniailkom. com/belajar_html. html”, atau href=”http :// www. wikipedia. org”.

Tetapi bila kita menginginkan buat link didalam website yang sama, jadi tidaklah perlu mengatakan alamat komplit itu. Namun cukup memberikan alamat file yang dituju relatif pada file sekarang ini. Type alamat ini dimaksud alamat relatif.

Jadi contoh alamat relatif, jika kita menginginkan buat link pada file hello. html pada folder yang sama juga dengan file sekarang ini, jadi atribut hrefnya, diisi : href=”hello. html”. Tersebut disini kode HTMLnya :

Contoh pemakaian tag link a untuk alamat relatif :

! DOCTYPE html
html
head
titlePenggunaan Tag Link/title
/head
body
h1Belajar Tag Link/h1
pHalaman HTML pertama saya yaitu a href= " hello. html " Hello/a/p
/body
/html
Langkah Buat link di HTML Relative

Alamat absolute ditulis dengan komplit, seperti http :// www. duniailkom. com, atau bila kita mengacu pada halaman spesifik, jadi http :// www. duniailkom. com/nama_halaman. html.

Alamat relatif tujuannya yaitu relatif pada file tempat kita menyebut link ini. Kalau nama file kita yaitu belajar_link. html, serta dalam folder yang sama ada halaman belajar_list. html, kita bisa memakai href=”belajar_list. html” untuk buat link ke halaman belajar_list. html.

Bila file itu ada didalam folder lagi_belajar, jadi alamat relatifnya jadi href=”lagi_belajar/belajar_list. html”. Tetapi bagaimana bila halaman itu ada 2 tingkat diluar folder sekarang ini? Kita bisa memakai href=”.. /../belajar_list. html”, untuk naik 2 folder diatasnya.

Atribut tag a : target
Atribut perlu yang lain dari tag a yaitu tujuan. Atribut ini dipakai untuk memastikan apakah link yang dituju terbuka di jendela browser sekarang ini, atau terbuka di jendela baru.

Dengan default, tiap-tiap link yang kita catat juga akan terbuka pada jendela yang sama (menerpa halaman situs sekarang ini). Namun jika kita menginginkan halaman itu terbuka pada tab baru, pakai atribut target=”_blank”.

Contoh pemakaian tag link a dengan atribut tujuan :

! DOCTYPE html
html
head
titlePenggunaan Tag Link/title
/head
body
h1Belajar Tag Link/h1
pSaya tengah belajar html dari a href= " http :// www. duniailkom. com "
target= " _blank " Duniailkom/a serta juga akan terbuka pada tab baru/p
/body
/html
Langkah Buat link di HTML 3

Bila kita men-klik link itu, jadi halaman duniailkom. com juga akan terbuka di tab baru, serta tidak menerpa tab sekarang ini.


0 komentar:

Jual Jersey Grade Ori