Join The Community

Premium WordPress Themes

Selasa, 15 Agustus 2017

Komposisi Golden Ratio Photography

Saat kita hadapi satu gambar, langkah awal kali dalam editing pastinya cropping untuk memperoleh komposisi yang sesuai sama. Kekuatan kita dalam lakukan crop juga akan dapat tingkatkan ketertarikan bahkan juga dapat mengubah langkah pandang orang yang lihat gambar.

Komposisi Golden Ratio Photography




Kita pasti telah mengetahui komposisi rule of third, framing, leading lines, fill in frame, dan lain-lain yang telah banyak dibicarakan serta akrab ditelinga kita. Tetapi komposisi golden ratio ini cukup tidak sering kita dengan tetapi begitu istimewa, bahkan juga sebagian orang mengatakan komposisi ini lebih istimewa dari rule of third. Golden ratio atau dimaksud juga rasio emas adalah garis lengkung seperti tempat tinggal siput serta langkah memperolehnya yaitu dengan menggambar phi grid terlebih dulu. Phi grid adalah kombinasi dari persegi panjang serta garis yang juga akan menolong kita memvisualisasikan golden ratio. Phi grid memanglah cukup serupa dengan rule of third tetapi dengan bentuk kotak-kotak yang berlainan, serta sweet spot terdapat pada titik pertemuan garis. Phi grid adalah science yang sudah dipakai seninam mulai sejak era 12, yang dapat diliat dari karya leonardo davinci vitruvian man.

Dikenal juga dengan arti phi, golden mean dan divine proportion, yang sudah dikenalkan oleh leonardo davinci. Dia merasakan kalau ada rasio alami yang begitu menarik di alam ini seperti bentuk tempat tinggal siput, bentuk telinga dan lain-lain. Design yang universal serta begitu indah dilihat mata, serta rasio itu yaitu 1 : 1. 618. Rasio ini dapat didapati pada banyak karya seniman seperti mona lisa serta the last supper serta masih tetap seringkali dipakai sampai sekarang ini. Perusahaan seperti apple memakai golden ratio dalam mendesain produknya, twitter dalam profile page, dan banyak perusahaan dalam buat logo.

Keunggulan dari phi grid yaitu :
– Dapat hasilkan karya visual yang harmonis
– Phi juga akan memberi batas/garis yang pasti yang berperan untuk meluruskan hingga terlihat simetris
– Bekerja dengan gambar yang mempunyai sisi di luar frame.
– Garis horizontal pada phi begitu berguna untuk menempatkan garis horizon pada photografi landscape
Kekurangan phi grid yaitu :
– Grid ini juga akan begitu susah di buat karna ukurannya cukup acak, yaitu dengan perbandingan 1 : 1. 618 yang diperoleh dari fibonanci ratio. Kita pasti tidaklah perlu menghafal angka matematis karna template golden ratio dapat kita peroleh on-line. Rule of third semakin banyak dipakai karna mempunyai ukuran yang lebih gampang diterapkan dibanding phi grid, diluar itu banyak software yang mensupport pemakaian grid rule off third seperti lightroom ataupun adobe photoshop.

Lantas kapan saya butuh memakai phi grid dan kapan memakai rule of third

– Rule of third bisa dikerjakan secara cepat karna begitu gampang divisualisasikan, hingga pas waktu kita memphoto
– Pakai phi grid bilamana kita menginginkan hasilkan gambar yang presisi serta sempurna
– Pakai rule of third untuk portrait. Komposisi ini bisa hasilkan tempat muka baik dalam satu frame.
– pakai phi grid untuk photografi landscape untuk meletakkan gaaris horizon yang terlihat lurus.


0 komentar:

Jual Jersey Grade Ori