Join The Community

Premium WordPress Themes

Senin, 14 Agustus 2017

Piranti Keras Computer serta Peranannya

Piranti Keras Computer serta Peranannya
post, Ayu Griselda
Rabu 4 September 2013
Piranti keras computer (computer hardware) yaitu komponen-komponen fisik yang membuat satu kesatuan system Personal Computer (PC).

Umumnya sebagian piranti ini dirakit serta beberapa besar dimasukkan kedalam satu casing computer serta beberapa beda ada diluar casing.
Piranti keras yang ada didalam casing biasanya terbagi dalam :
Motherboard (papan paling utama)
MotherboardMotherboard/mainboard yaitu komponen paling utama yang membuat satu computer. Berupa papan persegi dengan slot-slot untuk memasukkan komponen-komponen beda. Peranannya untuk menghubungkan semua komponen PC. Piranti keras computer beda semua menempel segera pada slot motherboard atau paling tidak tersambung memakai kabel.
Central Processing Unit (CPU)
CPUBiasa juga kita kenal jadi “processor” atau “otak” dari computer. Peranan dari CPU ini yaitu mengolah serta membuat semuanya hitung serta perintah-perintah yang buat computer bisa dioperasikan. Karna panas yang dibuatnya, CPU senantiasa diperlengkapi dengan kipas dan heat sink untuk kurangi suhunya. Pada beberapa jenis CPU paling baru, telah diperlengkapi juga dengan Graphic Processing Unit (GPU) yang terintegrasi kedalam CPU, jadi pengolah data-data grafis.
Random Access Memory (RAM)
Random Access Memory (RAM) RAM berperan jadi tempat transit data sesaat untuk operasi-operasi yang tengah digerakkan oleh CPU. RAM berbentuk volatile, berarti piranti ini tidak meyimpan data dengan permanen, cuma untuk operasi yang diperlukan saja. Kemampuan RAM pada PC yang seringkali kita dapatkan cukup bermacam, dari mulai 256 MB (MegaBytes) – 16 GB (GigaBytes)
Video Graphic Array (VGA)
VGA CardVGA card atau kartu grafis berperan jadi penghubung yang sangat mungkin pengiriman data-data grafis pada PC serta piranti display seperti monitor atau projector. Beberapa besar computer mempunyai VGA yang terpisah jadi kartu ekspansi yang dipasang pada slot motherboard. Tetapi ada pula computer yang memiliki VGA terintegrasi pada motherboard atau pada CPU-nya.
Hard Disk Drive (HDD)
Hard DiskHard-disk berperan jadi area untuk menyimpan data paling utama dalam satu system computer. System Operasi, aplikasi, serta dokumen-dokumen disimpan pada hard-disk ini. Pada PC paling baru, ada pula piranti keras baru yang bernama Solid State Drive (SSD). Peranannya sama dengan hard-disk, tetapi tawarkan kecepatan transfer data yang lebih cepat.
Optical Disc Drive
Optical DriveOptical drive umum dikenal juga dengan nama CD Drive, DVD Drive atau ODD. Peranan dari piranti ini yaitu untuk membaca dan menaruh data dari serta ke media cakram optik seperti CD, DVD, atau Blu-Ray Disc.
Power Suplai Unit (PSU)
Power Suplai UnitPower Suplai berperan jadi pengkonversi serta penyalur daya listrik dari outlet sumber (umpamanya listrik PLN) ke bentuk daya listrik yang bisa dipakai untuk menggerakkan komponen computer yang ada didalam casing. Umumnya, PSU ini ditempatkan dibagian belakang casing.

Terkecuali dari piranti keras computer yang ada didalam casing, ada pula komponen-komponen yang umum kita saksikan di luar casing :
Monitor
MonitorDisebut juga screen atau display. Peranan dari monitor monitor yaitu untuk menghadirkan video serta info grafis yang dibuat dari computer lewat alat yang dimaksud kartu grafis (VGA Card). Monitor ini bentuk fisiknya nyaris sama juga dengan tv, cuma saja tv umumnya dapat menghadirkan info grafis dengan ukuran resolusi yang lebih tinggi.
Keyboard serta Mouse
Keyboard serta MouseKeyboard serta mouse berperan jadi alat input untuk memasukkan perintah teks, ciri-khas, atau menggerakkan objek pada antarmuka grafis untuk diolah oleh computer. Ukuran serta bentuk dari ke-2 alat ini cukup bermacam, tetapi peranannya sama juga.

Di luar komponen-komponen yang telah kita sebut di atas, ada juga piranti keras computer yg tidak semuanya computer memilikinya :
Uninterruptable Power Suplai (UPS)
UPSSering dimaksud sebagai baterai cadangan, peranan paling utama UPS yaitu menaruh serta sediakan cadangan listrik yang juga akan dipakai saat sumber listrik paling utama padam. Terkecuali jadi cadangan listrik, umumnya UPS juga berperan jadi “stabilizer” yang mengatur aliran listrik supaya sesuai sama yang diperlukan.


Printer serta Scanner
PrinterPrinter berperan jadi alat output bikin dari dokumen elektronik baik bentuk teks ataupun grafis. Pada computer rumahan umumnya memakai kertas jadi media cetaknya. Sedang peranan scanner yaitu kebalikan dari printer yakni memindai input data dari luar computer kedalam bentuk elektronik yang bisa dibuat dengan digital.
Speaker
Peranan dari speaker yaitu jadi alat output nada yang dibuat dari computer. Terkecuali speaker, seringkali juga kita dapatkan orang yang memakai headphone/headset jadi alat output nada.
Sound Card (Kartu nada)
Peranannya jadi penghubung pada computer serta alat output audio seperti speaker
Modem
Alat ini berperan untuk menghubungkan computer ke internet
LAN Card
Peranannya jadi penghubung computer dalam satu jaringan.
Sekianlah telah diterangkan deskripsi umum tentang piranti keras computer serta bermacam peranannya. Untuk keterangan lebih dalam satu-persatu mengenai komponen-komponen ini silakan saksikan Index Artikel. Mudah-mudahan berguna buat anda semuanya.


0 komentar:

Jual Jersey Grade Ori